Thursday, March 26, 2009

Selamat Hari Raya Nyepi

at Thursday, March 26, 2009


Hari Raya Nyepi
tahun ini tidak meriah, biasanya malam sebelum Nyepi ada acara yang namanya Pawai patung Ogoh-ogoh, padahal Diana pengen lihat apa sih Ogoh-ogoh, selidik punya selidik, coba ah cari di mbah google, jreeeng ketemu alasan kenapa acara pawai mengarak Ogoh-ogoh itu dilarang.

Ogoh-Ogoh Dilarang Pawai.....


Liputan6.com Denpasar: Pemerintah Kota Denpasar bersama paruman bendesa adat tahun ini meniadakan tradisi mengarak patung ogoh-ogoh yang biasa digelar setiap malam menjelang Hari Raya Nyepi. Hal ini dilakukan untuk menghindari keributan antarwarga di tengah masa kampanye pemilu.

Aturan ini dinilai budayawan Bali I Wayan Candra dapat mengurangi makna perayaan Nyepi. Ia menyayangkan sebuah tradisi budaya harus hilang demi pemilu. Adapun sudah keluar surat edaran dari pemerintah kota dan bendesa adat terkait larangan adanya pawai ogoh-ogoh, sejumlah banjar maupun rumah warga masih terlihat aktivitas membuat patung ogoh-ogoh.

Menurut perajin, akibat larangan ini omzet permintaan ogoh-ogoh turun hingga 60 persen. Meski permintaan turun, warga tetap memproduksi patung ogoh-ogoh untuk memenuhi permintaan dari luar daerah seperti di Lombok, Jawa, dan sejumlah hotel. Harga yang ditawarkan beragam, mulai dari Rp 500 ribu sampai Rp 5 juta. Ini tergantung ukuran dan tema yang dibuat.(TES/Aries Wicaksono)

ooooo ini toh penyebabnya gara-gara Kampanye Damai Pemilu Indonesia 2009
 

Copyright © 2011 Diary Online Diana | Design by Kenga Ads-template